f PUPUK ALTERNATIF - BPP Kec. MERTOYUDAN

Random Posts

Berita

Pertanian

Hama

Perikanan

Peternakan

Perkebunan

Hama

» » PUPUK ALTERNATIF



Salah satu sumber pertumbuhan produksi padi,
palawija yang dapat
diupayakan saat ini adalah melalui peningkatan produyktifitasnya, dengan keterbatasan lahan, upaya peningkatan produktifitas padi – palawija merupakan langkah yang paling memungkinkan dan strategis dalam rangka peningkatan produksi.  Peningkatan produksi melalui usaha peningkatan produktifitas ini terkendala oleh berbagai hal antara lain: kesuburan tanah yang rendah, keterbatasan modal dan tingkat penerapan teknologi yang masih rendah.  Berbagai upaya untuk mengatasi kendala ini telah dilakukan antara lain melalui penerapan teknologi pemupukan.
Kenyataan dilapangan timbul berbagai masalah berkaitan dengan usaha pemupukan yang lazim dilakukan petani dalam usaha taninya.  Disisi lain dipasaran saat ini telah banyak dijual jenis-jenis pupuk dengan berbagai kandungan hara maupun jenis-jenis pupuk mikroba dan pembvenah tanah.  Dengan beredarnya berbagai jenis pupuk dipasaran diharapkan petani dapat memanfaatkannya untuk kegiatan usaha tani mereka meningkat harganya bervariasi.
Pupuk pupuk yang banyak dijual saat ini diluar pupuk tunggal Urea, SP 36 dan KCL serta ZA, dikenal sebagai pupuk alternative.  Dari berbagai pengalaman dan pengkajian menunjukkan bahwa pupuk alternative dapat digunakan untuk pemupukan padi – palawija dll.
Arti Pupuk Alternatif
Pupuk alternative adalah jenis pupuk diluar pupuk buatan tunggal NPK (urea,SP36, ZA, KCl) yang dikelompokkan menjadi lima kelompok yaitu : pupuk makro organic, pupuk organic, bahan pembenah tanah, pupuk mikroba dan pupuk pelengkap.
Pupuk Makro Organik
Pupuk makro organic adalah pupuk alternative yang merupakan sumber hara nitrogen, fospat, kalium yang mempunyai persyaratan sbb: pupuk nitrogen dengan kandungan N minimal 10 %, pupuk pospat dengan kandungan minimal 10 %, pupuk kalium dengan kandungan minimum 10 %.  Beberapa contoh pupuk makro anorganik antara lain : Gandasil d / B, Calsium, muriate, KNO3 cap pak tani, FMP cap semut, Mamigro 21-21-21 dll.

Pupuk Organik
Pupuk organic adalah pupuk yang berasal dari sisa tanaman, hewan dan manusia (pupuk kandang, pupuk hijau, kompos dan humus).  Pupuk organic ini dapat memperbaiki sifat fisik tanah, struktur tanah, daya meresap air hujan dan mengikat air.  Beberapa contoh pupuk organic yang beredar dipasaran antara lain : organic most fertilizer, bio organic soil systems (BOSS), super humus plus, kompos garda.
Pupuk mikroba
Pupuk mikroba adalah  formulasi inokulan mikroba yang dapat manambah / meningkatkan ketersediaan unsure hara dalam tanah. Termasuk dalam kelompok pupuk mikroba antara lain : mikroba penambat nitrogen, mikroba pelepas P, mikroba perombak bahan organic.  Guna menjamin efektifitasnya pupuk mikroba harus desertai sertifikat jaminan mutu dan label yang mencantumkan cara pemakaian, penyimpanan dan masa berlakunya.
Pupuk mikroba ini pemakaiannya umumnya digunakan sebagai seed treatment (dioplos dengan benih), missalnya pada kedelai.  Termasuk dalam kelompok mikroba ini antara lain : OST, Rhiszopus, E 2001, EM4, IBA, M-BIO.
Pupuk Pelengkap
Pupuk pelengkap adalah pupuk yang penggunaannya ditujukan untuk melengkapi penggunaan pupuk makro,  termasuk dalam kelompok pupuk pelengkap  adalah pupuk yang kandungan utamanya unsur hara sekunder, hara makro. Pupuk pelengkap ini bentuknya ada yang berupa cairan, butiran ataupun tepung / powder. 
Beberapa contoh pupuk pelengkap ini antara lain : Abiotonik, Accerl, Bioplasma, gemari, Forrest, Mikrotan, Supermes, Tress dll.
Syarat syarat yang harus dipenuhi oleh produk pupuk alternative supaya dapat dimasukkan dalam paket KUT / dapat dianjurkan untuk dipakai.
  • Sudah diuji efektifitasnya yang hasilnya secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan sehingga manfaatnya untuk meningkatkan produksi/ pendapatan petani diketahui.
  • Mempunyai nomor pendaftaran pada Dit Jen tanaman Pangan dan Hortikultura.
  • Mempunyai  kualitas  yang  stabil   dengan spesifikasi mutu saat didaftarkan.
  • Terjamin ketersediaannya di pasaran.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama