f TEKNIK BUDIDAYA LELE SISTEM BIOFLOK - BPP Kec. MERTOYUDAN

Random Posts

Berita

Pertanian

Hama

Perikanan

Peternakan

Perkebunan

Hama

» » TEKNIK BUDIDAYA LELE SISTEM BIOFLOK



Teknologi bioflok adalah teknologi yang memanfaatkan hasil
metabolisme ikan atau udang yang mengandung nitrogen untuk diubah menjadi protein yang dapat dimanfaatkan oleh ikan atau udang, sehingga ikan atau udang tersebut memperoleh protein tambahan dari bioflok disamping pakan yang diberikan. Akumulasi dari limbah nitrogen (NH4, NO2) akan dicegah oleh bioflok dengan cara menjaga C/N Rasio tetap tinggi dan mendorong penyerapan ammonium oleh mikroba. Hasil dari proses tersebut maka akan membentuk suatu komunitas mikro (bakteri, protozoa, detritus (dead body cell), jamur dan zooplankton) juga partikel serat organik yang kaya akan selulosa, partikel anorganik berupa kristal garam kalsium karbonat hidrat, biopolymer dan PHA.

Sistem kerja dari bioflok adalah mengubah senyawa organik dan anorganik yang mengandung senyawa kabon (C), hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N) dan sedikit unsur fosfor (P) menjadi gumpalan berupa bioflok dengan menggunakan bakteri pembentuk flok yang mensintesis biopolimer poli hidroksi alkanoat sebagai ikatan bioflok. Bakteri pembentuk flok dipilih dari genera bakteri yang non pathogen, memiliki kemampuan mensintesis Polihidroksi alkanoat (PHA), memproduksi enzim ekstraselular, memproduksi bakteriosin terhadap bakteri pathogen, menngeluarkan metabolit sekunder yang menekan pertumbuhan dan menetralkan toksin dari plankton merugikan dan mudah dibiakkan di lapangan.

Manfaat penggunaan teknologi bioflok apabila diaplikasikan dengan tepat adalah minimnya pergantian air atau bahkan tidak ada pergantian air dalam sistem budidaya sehingga teknologi ini ramah lingkungan. Pakan yang digunakan pun menjadi lebih sedikit ketimbang sistem konvensional lain.Telah dicoba uktuk ikan nila yang dipelihara dalam sistem bioflok akan tumbuh optimum pada tingkat pemberian pakan 1,5% dengan pakan yang mengandung 35% protein.

1, BIOFLOC


Suatu teknologi budidaya ikan dengan mengaplikasikan Probiotik (bakteri non pathogen) secara intensif melalui lingkungan (air dan dasar kolam) dan melalui oral (dicampur dengan pakan) yang diikuti dengan pemberian probiotik sebagai nutrisi probiotik sehingga akan terbentuk biofloc (Floc bakteri non pathogen yang menguntungkan bagi ikan ) yang merupakan salah satu sumber protein yang dapat dimakan oleh ikan.



2. TAHAPAN TERBENTUKNYA BIOFLOC

Dominasi Pitoplankton.

Dominasi Zooplankton

Dominasi Bakteri Pengurai

Masa transisi Dominasi

Dominasi Bakteri Photosyntetic

3. PROBIOTIK

Dalam akuakultur/ budidaya ikan, probiotik adalah mikroorganisme yang sengaja diberikan melalui oral atau lingkungan, dengan tujuan agar menguntungkan bagi ikan yang dipelihara.

Umumnya probiotik yang digunakan dalam budidaya ikan adalah dari golongan bakteri non pathogen (Pro: mendukung, biotic : biota kehidupan)



4.  TEKNIK BUDIDAYA
a.Persiapan air untuk pembesaran lele ; masukan air dengan ketinggian 80-100 cm, hari ke 2 masukkan probiotik 5 ml/m3,  hari ke 3 masukkan prebiotik : Molase 250 ml/m3, malam harinya tambahkan dolomite 150-200 gram/m3 (diambil airnya saja) selanjutnya diamkan air media selama 7-10 hari,  selanjutnya dilakukan penebaran benih lele.
b.Penebaran benih lele ; Benih dari induk unggulan (dari satu induk yang sama), benih harus sehat dengan indikasi gerakan aktif, ukuran dan warna seragam, organ tubuh lengkap, bentuk proorsional ukuran 4-6cm / 5-7cm, setelah penebaran keesokan harinya tambahkan probiotik 5 ml/m3.
c.Aplikasi susulan probiotik ; Sebelum benih ikan berukuran 12 cm, setiap 10 hari sekali masukan probiotik 5 ml/m3, Ragi tempe 1 sendok makan/m3  Ragi tape 2 butir/m3 dan malam harinya tambahkan dolomite 200-300 gr/m3 (diambil airnya saja)  Setelah ukuran ikan >12 cm setiap 10 hari sekali masukan probiotik 5 ml/m3.\, ragi tempe 2-3 sendok makan/m3, ragi tape 6-8 butir/m3 dan malam harinya tambahkan dolomite 200-300 gr/m3 (diambil airnya saja) Pemberian ragi tempe dan ragi tape dilarutkan kedalam air.


5. PENGELOLAAN PAKAN


Gunakan pakan yang berkualitas, ukuran pakan disesuaikan dengan bukaan mulut ikan, pakan diberikan pagi – sore hari, dosis pakan 80%dari daya kenyang, dipuasakan seminggu sekali, pakan di fermentasi dengan probiotik atau di campur probiotik dan pengurangan dosis pakan sampai 30% jika sudah terbentuk floc.

Keterangan :
Probiotik adalah mikroorganisme  yang hidup dalam usus dan sering disebut sebagai bakteri baik. Mengapa disebut bakteri baik? Ya, karena memang bakteri probiotik ini ternyata memiliki peran sebagai pembantu metabolisme sistem pencernaan dan membantu memperkuat daya tahan tubuh. 
Umumnya bakteri probiotik ini berupa asam laktat (lactic acid bacteria – LAB) yang sering kali digunakan dalam industri pangan dan obat-obatan. Dua jenis bakteri probiotik yang paling mendominasi adalah jenis Lactobacillus dan Bifidobacterium
Dalam industri makanan, bakteri probiotik ini mengubah zat gula dan karbohidrat lain menjadi asam laktat yang memiliki rasa khas dan mengawetkan makanan dengan menurunkan pH, serta mengurangi ruang hidup bakteri patogen (bakteri jahat). Nah, jika di dalam tubuh memiliki banyak bakteri baik dan sedikit bakteri jahat, maka semakin sehatlah sistem pencernaan tubuh
.
Sedangkan prebiotik adalah makanan untuk bakteri probiotik. Atau sering juga disebut sebagai nutrisi untuk bakteri probiotik dalam berkembang biak di dalam tubuh. Senyawa prebiotik ini banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung serat atau fiber seperti brokoli, tempe, tahu, susu kedelai, sayuran hijau, dan buah.

Molase atau Tetes Tebu.

Anda ingin mencoba atau mengikuti pelatihan
Budidaya Lele Biofloc-165
di. Jl. Raya Keadilan No. 65 Rt.11, Rw. 01
(Rawa Denok), Rangkapan Jaya Baru16434
Pancoran Mas - Depok JABAR
Kontak : Bp. Legisan  Telp. 0813 8055 9273  /  0811 829 165

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar

  1. Bandar CAPSA SUSUN Online Terpercaya ya di Ligapoker
    #ligapoker #lgpkr #180.215.12.116 #lpkiukiu #ligapkr #taingqq
    link : http://180.215.12.116

    BalasHapus